Tugas
Menyimpulkan
Strategi
pemasaran Toyota Motor Company berkaitan dengan selling dan services yang telah
diimplementasikan dengan baik dalam upaya untuk meningkatkan penjualan
perusahaan secara global.Toyota
memiliki tata cara perekrutan yang cukup panjang dan rumit mengingat mereka
secara ketat berusaha agar sumber daya yang terpilih adalah memang yang terbaik
dan digemari oleh Konsumen.
Perusahaan
Toyota harus tetap melakukan perubahan-perubahan atau inovasi secara positif
dan terus menerus bagi sumber daya manusianya maupun di lingkungan dimana ia
berada serta selalu memperbarui teknologi yang mereka gunakan demi tetap
menjaga atau
bahkanmeningkatkankualitasperusahaaansehingganantinyaperusahaaniniakantetapterusbertumbuh.
Pertanyaan :
Stategi-strategi pemasaran apa saja yang
di pakai oleh Perusahaan Toyota sehingga bisa memasuki kelas-kelas pasar
internasional ?
The Coca-cola Company
Coca-cola Company
memfokuskan kegiatan pada peluncuran produk baru pada segmen produk yang sedang
mengalami peningkatan permintaan sehingga produk yang diluncurkan memperoleh
angka penjualan yang tinggi. Selain itu Coca-Cola Company relatif cepat dalam
proses menciptakan produk baru sehingga kegiatan tersebut dapat mensiasati
siklus hidup produk yang relatif cepat serta keinginan konsumen yang cenderung
mengalami perubahan dalam waktu yang singkat.
Produk-produk tersebut
dibagi dalam banyak lini produk dengan segmentasi serta targeting yang berbeda
untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam.Demi menyajikan produk yang
berkualitas bagi konsumen, maka Coca-Cola Company senantiasa melakukan
perbaikan pada produk-produk yang ditawarkannya dengan menawarkan minuman olah
raga yang rendah kalori dengan menggunakan zat pewarna serta pemanis dari sirup
jagung, sucralosa, dan acesulfame potassium sebagai pengganti gula. Kegiatan
produksi dan promosi dapat dilakukan untuk produk-produk yang memiliki respon
besar serta penjualan tinggi. Sedangkan Botol-botol yang digunakan oleh
Coca-Cola merupakan generasi pertama botol plastik ramah lingkungan.
Bagi Coca-Cola company,
kualitas lebih dari sekedar apa yang dirasakan, dilihat, diukur atau dikelola.
Kualitas menjadi sebuah keutamaan dalam setiap tindakan perusahaan dan proses
pertumbuhan perusahaan, dengan cara meningkatkan produktivitas dan efisiensi
melalui penerapan beberapa teknoologi canggih dalm proses produksinya.
Dalam memproduksi pun, Kapasitas
Coca-Cola dibuat melebihi permintaan, keputusan ini diambil mengingat produk
Coca-Cola sudah menjadi produk andalan konsumen, dan menjadi produk yang unggul
di pasaran. Selain kekuatan merek yang kuat, kualitas dari Coca-Cola sendiri
sudah tidak diragukan oleh masyarakat atau konsumen.Dengan menggunakan
pendekatan ini perusahaan tidak perlu kuatir dengan adanya kekecewaan konsumen
karena terbatasnya supplay Coca-Cola, karena kapasitas sudah didesain melebihi
permintaan. Dan dengan adanya umur kadaluarsa yang panjang Coca-Cola tidak akan
rusak sampai bisa mengatasi permintaan periode berikutnya.
Pertanyaan :
Dalam memproduksi barang, apa tindakan
yang dilakukan oleh Coca-cola Company agar terus mendorong permintaan terhadap
barangnya ?
Singapore Airlines
Singapore
Airlines dikenal sebagai salah satu maskapai penerbangan dengan kualitas
pelayanan terbaik di dunia. Singapore Airlines berhasil mengombinasikan ambisi,
efisiensi, dan kualitas pelayanan yang terbaik kepada konsumen yang berasal
dari berbagai latar belakang budaya. Maskapai penerbangan ini juga merupakan
kontributor besar bagi negara Singapura.
Setiap
industri memiliki sifat dan karakternya masing-masing. Pembelian yang dilakukan
konsumen pun bisa jadi memiliki pola berbeda. Hal ini terkait dengan sejumlah
aspek, seperti intensitas pembelian, pemakaian, kompetisi yang ada di industri,
dan berbagai faktor lain. Dalam industri penerbangan yang bergerak di bidang
jasa, kualitas sangat ditentukan oleh nilai produk yang dirasakan dibandingkan
dengan uang yang dikeluarkan. Salah satu diferensiasi yang memiliki kontribusi
paling besar adalah dari aspek pelayanan, terutama peran para pramugari
Singapore Airlines yang sering disebut dengan istilah “Singapore Girl”. Sejak
awal, agar dapat mudah dikenal para Singapore Girl menggunakan seragam sarung
kebaya dengan motif unik dan rancangan menarik. Para pramugari ini pun sering
ditonjolkan dalam banyak program promosi perusahaan di berbagai media.
Untuk
setiap Singapore Girl, mulai dari cara berpakaian, cara bersikap, sampai dengan
gerak-gerik bahasa tubuh ketika melayani konsumen. Dengan konsep ini,
perusahaan hendak menyelaraskan pelayanan pramugari dalam pembangunan merek
Singapore Airlines. Selain itu, Singapore Girl memiliki ciri khas sebagai
pramugari dari Asia yang memiliki kepribadian dalam melayani. Setiap pramugari
dilatih untuk memberikan kesan peduli, hangat, lembut, elegan, dan tenang.
Bagi
Singapore Airlines sangatlah penting memperhatikan pengalaman konsumen saat
pertama kali menggunakan jasa maskapai penerbangan karena hal ini akan
menentukan apakah mereka akan melakukan pembelian ulang atau tidak. Jadi, dalam
hal ini Singapore Airlines lebih meningkatkan proses manjemennya. Dengan
memberikan berupa alat-alat pendukung, menu-menu lezat dan kenyaman dalam
penerbangan maka konsumen merasa dihormati. Karena tindakan seperti ini, pemain
baru yang masuk ke industri harus sabar dan konsisten meraih kepuasan sebelum
akhirnya kepercayaan konsumen.
Pertanyaan :
Bagaiman cara Singapore Airlines
mempertahankan Gelar sebagai salah satu maskapai terbaik dunia, ditengah
–tengah banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang jasa penerbangan ?
Garuda Indonesia
Garuda Indonesia terus berusaha menyediakan layanan terbaik bagi penumpang
Garuda, mulai dari merencanakan perjalanan hingga lepas landas, terbang,
mendarat, berangkat dan seterusnya. Armada Garuda nyaman, bersih dan didesain
untuk menciptakan pengalaman terbang yang menyenangkan.Garuda Indonesia juga
menawarkan cara lain untuk check in melalui situs web. Layanan ini hanya
tersedia untuk rute penerbangan dalam negeri. Melakukan elemen program kepuasaan pelanggan, karena
pada dasarnya apabila elemen program kepuasaan pelanggan dilakukan dengan baik
maka pelanggan akan menuju kepada pembelian ulang.
Penumpang Garuda Indonesia dapat menikmati layanan premium yang dimulai
bahkan sebelum mereka naik ke pesawat. Beberapa layanan yang disediakan adalah
fasilitas ruang tunggu premium, bantuan perorangan (PSA) dan jalur pengurusan
imigrasi yang lebih cepat.Penumpang kini dapat menikmati proses check-in dengan
layanan kelas satu melalui fasilitas terbaru Garuda, Premium Check-in. Konsumen
akan dilayani oleh petugas atau staf khusus sebagai Personal Service Assistant
(PSA) dan disediakan fasilitas kursi tunggu saat menanti nomor penerbangan akan
dipanggil.Tingkat
kepuasaan pelanggan terhadap kualitas kinerja atribut utama pelayanan Garuda
Indonesia sudah baik, baik dari segi pelayanan, kinerja staff dan awak kabin,
seragam awak kabin, hiburan dan makanan, bantuan dan kecakapan kerja para staff
dan awak kabin yang diberikan selama penerbangan. Berdasarkan hasil penelitian data statistic
menunjukkan bahwa variabel afeksi, kualitas dan diskonfirmasi secara
bersama-sama memiliki hubungan dan pengaruh yang positif terhadap kepuasaan
pelanggan.
Sedangkan di Ruang Tunggu Eksekutif, Garuda menghadirkan berbagai fasilitas
kelas dunia, termasuk business center, jaringan internet nirkabel,refreshing
area, reflexology machine, shower, nursery room dan ruang beribadah.Miliki dan
koleksi serangkaian barang eksklusif bebas bea dan penawaran spesial dalam
layanan Sales on Board Garuda.
Passenger Service Assistance (PSA) merupakan salah satu pelayanan tambahan
yang diberikan Garuda Indonesia. Ini merupakan startegi manajemen operasi dari
Garuda Indonesia akan membantu penumpang,memastikan kemudahan dan kenyamanan
penumpang, baik saat keberangkatan maupun kedatangan. Garuda hadir untuk
memastikan kenyamanan Anda sepanjang perjalanan.
Dengan banyaknya berbagai menu lezat dan pilihan hiburan. Duduk dengan
nyaman dan berbelanja dengan on-board shopping ketika garuda membawa Anda ke
tujuan.Namun hal ini akan lebih baik apabila diperhatikan karena apabila
ekspektasi pelanggan yang biasa–biasa saja tidak dikembangkan menjadi diatas
harapan pelanggan maka perusahaan dapat dinilai tidak berkembang dan tidak
melakukan perubahan guna untuk menambag nilai – nilai kepuasan yang tentunya
nanti secara tidak langung akan menjadi keuntungan baik bagi perusahaan sendiri
maupun pada pelanggan.
Seluruh armada dilengkapi dengan head rest fleksibel yang dapat disesuaikan
untuk kenyamanan posisi istirahat Anda. Garuda juga menyediakan power socket di
masing-masing kursi sehingga selama penerbangan Anda tetap dapat menyelesaikan
pekerjaan denganlaptop atau gadget lainnya. Kita bisa tidur dengan nyaman dalam
pesawat.
Selama penerbangan, penumpang dapat menikmati ragam pilihan hiburan Audio
and Video on Demand dengan LCD TV layar sentuh dalam penerbangan jarak menengah
berdurasi 2 jam atau lebih. Untuk lebih menarik perhatian konsumen Garuda
menyajikan 58 film dan 50 program TV pilihan dengan berbagai kategori, mulai
dari laga, drama, hingga komedi, sesuai dengan keinginan Anda. Dan bebas memilih
dari 25 saluran musik, 9 stasiun radio dan 140 album musik dengan berbagai
genre, mulai dari pop, jazz, klasik, musik Indonesia. Termasuk di dalam pilihan
ini adalah The Sounds of Indonesia, kompilasi lagu tradisional Indonesia
gubahan Addie MS, dengan Garuda Indonesia sebagai produser.
PT.
Garuda Indonesia sudah mampu membangun afeksi positif dari pelanggan, hal ini
terlihat bahwa pelanggan sangat kritis terhadap suasana didalam pesawat,
sehingga mereka merasa puas secara emosional. Pada faktor afeksi negatif PT
Garuda Indonesia sudah mampu meredam rasa khawatir dan takut akan keselamatan
penerbangan, dan hasil menunjukkan hal ini tidak berpengaruh langsung terhadap
kepuasaan pelanggan. Elemen–elemen utama yang dapat diterapkan pada program Garuda
Frequent Flyer dalam rangka meningkatkan kepuasaan pelanggan yaitu kualitas
dan diskonfirmasi.
Jika
hal ini dapat dimaksimalkan lagi oleh pihak Garuda maka tentunya kepuasaan
pelanggan yang diperoleh akan lebih tinggi lagi. Pada aspek diskonfirmasi
perusahaan harus selalu malakukan inovasi baru dan senantiasa mengevaluasi
program – program layanan untuk meningkatkan nilai kepuasan pelanggan itu
sendiri agar apa yang diterima atau dirasakan pelanggan akan jauh di atas
pengharapan atau ekspektasi pelanggan.
Pertanyaan :
Jaminan keselamatan & kenyamanan
penerbangan seperti apa yang yang diberikan oleh Garuda Idonesia, sehingga para
Konsumen percaya memakai jasa penerbangan
Garuda indonesia ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar