Kamis, 26 Mei 2016

KESIMPULAN KELOMPOK 1,2,3,4



Tugas Menyimpulkan

Toyota

Secara umum, strategi yang diambil oleh Toyota Motor Corporation dalam memproduksi dan memasarkan produknya sejalan dengan teori pemasaran.Strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh Toyota Motor Corporation memiliki cakupan yang lebih kompleks dengan mempertimbangkan daya beli populasi, tidak hanya berdasarkan jumlah Produksinya atau strategi Operasinya.Strategi pemasaran Toyota Motor Company berkaitan dengan positioningperusahaan yang diimplementasikan dengan memasuki semua kelas-kelas pasar Internasional dan lebih cenderung memilih pasar-pasar negara maju untuk proses pemasaran produk yang mempunyai harga tinggi.
Strategi pemasaran Toyota Motor Company berkaitan dengan selling dan services yang telah diimplementasikan dengan baik dalam upaya untuk meningkatkan penjualan perusahaan secara global.Toyota memiliki tata cara perekrutan yang cukup panjang dan rumit mengingat mereka secara ketat berusaha agar sumber daya yang terpilih adalah memang yang terbaik dan digemari oleh Konsumen.
Perusahaan Toyota harus tetap melakukan perubahan-perubahan atau inovasi secara positif dan terus menerus bagi sumber daya manusianya maupun di lingkungan dimana ia berada serta selalu memperbarui teknologi yang mereka gunakan demi tetap menjaga atau bahkanmeningkatkankualitasperusahaaansehingganantinyaperusahaaniniakantetapterusbertumbuh.

Pertanyaan :

Stategi-strategi pemasaran apa saja yang di pakai oleh Perusahaan Toyota sehingga bisa memasuki kelas-kelas pasar internasional ?















The Coca-cola Company



Coca-cola Company memfokuskan kegiatan pada peluncuran produk baru pada segmen produk yang sedang mengalami peningkatan permintaan sehingga produk yang diluncurkan memperoleh angka penjualan yang tinggi. Selain itu Coca-Cola Company relatif cepat dalam proses menciptakan produk baru sehingga kegiatan tersebut dapat mensiasati siklus hidup produk yang relatif cepat serta keinginan konsumen yang cenderung mengalami perubahan dalam waktu yang singkat.
Produk-produk tersebut dibagi dalam banyak lini produk dengan segmentasi serta targeting yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam.Demi menyajikan produk yang berkualitas bagi konsumen, maka Coca-Cola Company senantiasa melakukan perbaikan pada produk-produk yang ditawarkannya dengan menawarkan minuman olah raga yang rendah kalori dengan menggunakan zat pewarna serta pemanis dari sirup jagung, sucralosa, dan acesulfame potassium sebagai pengganti gula. Kegiatan produksi dan promosi dapat dilakukan untuk produk-produk yang memiliki respon besar serta penjualan tinggi. Sedangkan Botol-botol yang digunakan oleh Coca-Cola merupakan generasi pertama botol plastik ramah lingkungan.
Bagi Coca-Cola company, kualitas lebih dari sekedar apa yang dirasakan, dilihat, diukur atau dikelola. Kualitas menjadi sebuah keutamaan dalam setiap tindakan perusahaan dan proses pertumbuhan perusahaan, dengan cara meningkatkan produktivitas dan efisiensi melalui penerapan beberapa teknoologi canggih dalm proses produksinya.
Dalam memproduksi pun, Kapasitas Coca-Cola dibuat melebihi permintaan, keputusan ini diambil mengingat produk Coca-Cola sudah menjadi produk andalan konsumen, dan menjadi produk yang unggul di pasaran. Selain kekuatan merek yang kuat, kualitas dari Coca-Cola sendiri sudah tidak diragukan oleh masyarakat atau konsumen.Dengan menggunakan pendekatan ini perusahaan tidak perlu kuatir dengan adanya kekecewaan konsumen karena terbatasnya supplay Coca-Cola, karena kapasitas sudah didesain melebihi permintaan. Dan dengan adanya umur kadaluarsa yang panjang Coca-Cola tidak akan rusak sampai bisa mengatasi permintaan periode berikutnya.

Pertanyaan :

Dalam memproduksi barang, apa tindakan yang dilakukan oleh Coca-cola Company agar terus mendorong permintaan terhadap barangnya ?











Singapore Airlines



Singapore Airlines dikenal sebagai salah satu maskapai penerbangan dengan kualitas pelayanan terbaik di dunia. Singapore Airlines berhasil mengombinasikan ambisi, efisiensi, dan kualitas pelayanan yang terbaik kepada konsumen yang berasal dari berbagai latar belakang budaya. Maskapai penerbangan ini juga merupakan kontributor besar bagi negara Singapura.
Setiap industri memiliki sifat dan karakternya masing-masing. Pembelian yang dilakukan konsumen pun bisa jadi memiliki pola berbeda. Hal ini terkait dengan sejumlah aspek, seperti intensitas pembelian, pemakaian, kompetisi yang ada di industri, dan berbagai faktor lain. Dalam industri penerbangan yang bergerak di bidang jasa, kualitas sangat ditentukan oleh nilai produk yang dirasakan dibandingkan dengan uang yang dikeluarkan. Salah satu diferensiasi yang memiliki kontribusi paling besar adalah dari aspek pelayanan, terutama peran para pramugari Singapore Airlines yang sering disebut dengan istilah “Singapore Girl”. Sejak awal, agar dapat mudah dikenal para Singapore Girl menggunakan seragam sarung kebaya dengan motif unik dan rancangan menarik. Para pramugari ini pun sering ditonjolkan dalam banyak program promosi perusahaan di berbagai media.
Untuk setiap Singapore Girl, mulai dari cara berpakaian, cara bersikap, sampai dengan gerak-gerik bahasa tubuh ketika melayani konsumen. Dengan konsep ini, perusahaan hendak menyelaraskan pelayanan pramugari dalam pembangunan merek Singapore Airlines. Selain itu, Singapore Girl memiliki ciri khas sebagai pramugari dari Asia yang memiliki kepribadian dalam melayani. Setiap pramugari dilatih untuk memberikan kesan peduli, hangat, lembut, elegan, dan tenang.
Bagi Singapore Airlines sangatlah penting memperhatikan pengalaman konsumen saat pertama kali menggunakan jasa maskapai penerbangan karena hal ini akan menentukan apakah mereka akan melakukan pembelian ulang atau tidak. Jadi, dalam hal ini Singapore Airlines lebih meningkatkan proses manjemennya. Dengan memberikan berupa alat-alat pendukung, menu-menu lezat dan kenyaman dalam penerbangan maka konsumen merasa dihormati. Karena tindakan seperti ini, pemain baru yang masuk ke industri harus sabar dan konsisten meraih kepuasan sebelum akhirnya kepercayaan konsumen.

Pertanyaan :

Bagaiman cara Singapore Airlines mempertahankan Gelar sebagai salah satu maskapai terbaik dunia, ditengah –tengah banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang jasa penerbangan ?









Garuda Indonesia

Garuda Indonesia terus berusaha menyediakan layanan terbaik bagi penumpang Garuda, mulai dari merencanakan perjalanan hingga lepas landas, terbang, mendarat, berangkat dan seterusnya. Armada Garuda nyaman, bersih dan didesain untuk menciptakan pengalaman terbang yang menyenangkan.Garuda Indonesia juga menawarkan cara lain untuk check in melalui situs web. Layanan ini hanya tersedia untuk rute penerbangan dalam negeri. Melakukan elemen program kepuasaan pelanggan, karena pada dasarnya apabila elemen program kepuasaan pelanggan dilakukan dengan baik maka pelanggan akan menuju kepada pembelian ulang.
Penumpang Garuda Indonesia dapat menikmati layanan premium yang dimulai bahkan sebelum mereka naik ke pesawat. Beberapa layanan yang disediakan adalah fasilitas ruang tunggu premium, bantuan perorangan (PSA) dan jalur pengurusan imigrasi yang lebih cepat.Penumpang kini dapat menikmati proses check-in dengan layanan kelas satu melalui fasilitas terbaru Garuda, Premium Check-in. Konsumen akan dilayani oleh petugas atau staf khusus sebagai Personal Service Assistant (PSA) dan disediakan fasilitas kursi tunggu saat menanti nomor penerbangan akan dipanggil.Tingkat kepuasaan pelanggan terhadap kualitas kinerja atribut utama pelayanan Garuda Indonesia sudah baik, baik dari segi pelayanan, kinerja staff dan awak kabin, seragam awak kabin, hiburan dan makanan, bantuan dan kecakapan kerja para staff dan awak kabin yang diberikan selama penerbangan. Berdasarkan hasil penelitian data statistic menunjukkan bahwa variabel afeksi, kualitas dan diskonfirmasi secara bersama-sama memiliki hubungan dan pengaruh yang positif terhadap kepuasaan pelanggan.
Sedangkan di Ruang Tunggu Eksekutif, Garuda menghadirkan berbagai fasilitas kelas dunia, termasuk business center, jaringan internet nirkabel,refreshing area, reflexology machine, shower, nursery room dan ruang beribadah.Miliki dan koleksi serangkaian barang eksklusif bebas bea dan penawaran spesial dalam layanan Sales on Board Garuda.
Passenger Service Assistance (PSA) merupakan salah satu pelayanan tambahan yang diberikan Garuda Indonesia. Ini merupakan startegi manajemen operasi dari Garuda Indonesia akan membantu penumpang,memastikan kemudahan dan kenyamanan penumpang, baik saat keberangkatan maupun kedatangan. Garuda hadir untuk memastikan kenyamanan Anda sepanjang perjalanan.
Dengan banyaknya berbagai menu lezat dan pilihan hiburan. Duduk dengan nyaman dan berbelanja dengan on-board shopping ketika garuda membawa Anda ke tujuan.Namun hal ini akan lebih baik apabila diperhatikan karena apabila ekspektasi pelanggan yang biasa–biasa saja tidak dikembangkan menjadi diatas harapan pelanggan maka perusahaan dapat dinilai tidak berkembang dan tidak melakukan perubahan guna untuk menambag nilai – nilai kepuasan yang tentunya nanti secara tidak langung akan menjadi keuntungan baik bagi perusahaan sendiri maupun pada pelanggan.
Seluruh armada dilengkapi dengan head rest fleksibel yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan posisi istirahat Anda. Garuda juga menyediakan power socket di masing-masing kursi sehingga selama penerbangan Anda tetap dapat menyelesaikan pekerjaan denganlaptop atau gadget lainnya. Kita bisa tidur dengan nyaman dalam pesawat.
Selama penerbangan, penumpang dapat menikmati ragam pilihan hiburan Audio and Video on Demand dengan LCD TV layar sentuh dalam penerbangan jarak menengah berdurasi 2 jam atau lebih. Untuk lebih menarik perhatian konsumen Garuda menyajikan 58 film dan 50 program TV pilihan dengan berbagai kategori, mulai dari laga, drama, hingga komedi, sesuai dengan keinginan Anda. Dan bebas memilih dari 25 saluran musik, 9 stasiun radio dan 140 album musik dengan berbagai genre, mulai dari pop, jazz, klasik, musik Indonesia. Termasuk di dalam pilihan ini adalah The Sounds of Indonesia, kompilasi lagu tradisional Indonesia gubahan Addie MS, dengan Garuda Indonesia sebagai produser.
PT. Garuda Indonesia sudah mampu membangun afeksi positif dari pelanggan, hal ini terlihat bahwa pelanggan sangat kritis terhadap suasana didalam pesawat, sehingga mereka merasa puas secara emosional. Pada faktor afeksi negatif PT Garuda Indonesia sudah mampu meredam rasa khawatir dan takut akan keselamatan penerbangan, dan hasil menunjukkan hal ini tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasaan pelanggan. Elemen–elemen utama yang dapat diterapkan pada program Garuda Frequent Flyer dalam rangka meningkatkan kepuasaan pelanggan yaitu kualitas dan diskonfirmasi.
Jika hal ini dapat dimaksimalkan lagi oleh pihak Garuda maka tentunya kepuasaan pelanggan yang diperoleh akan lebih tinggi lagi. Pada aspek diskonfirmasi perusahaan harus selalu malakukan inovasi baru dan senantiasa mengevaluasi program – program layanan untuk meningkatkan nilai kepuasan pelanggan itu sendiri agar apa yang diterima atau dirasakan pelanggan akan jauh di atas pengharapan atau ekspektasi pelanggan.

Pertanyaan :

Jaminan keselamatan & kenyamanan penerbangan seperti apa yang yang diberikan oleh Garuda Idonesia, sehingga para Konsumen percaya memakai jasa penerbangan  Garuda indonesia ?


Tidak ada komentar: